Selasa, 02 September 2014

Karakteristik Pemimpin Yang Dibutuhkan Bangsa Indonesia




PEMIMPIN TANGGUH UNTUK INDONESIA HEBAT

Indonesia ternyata hingga kini terkatagori negara berkembang bersama sejumlah negara lainnya di berbagai belahan dunia, seperti negara-negara di benua hitam Afrika, sejumlah negara di Asia, dan beberapa negara lainnya di Amerika Latin atau di selatan benua Amerika. Praktis, persoalan perumahan dan pangan menjadi tuntutan terbesar bagi seorang pemimpin dinegeri yang konon dikenal berlimpah sumber daya alam. Untuk itu, kiranya kehadiran seorang pemimpin yang tangguh dan solutif menjadi jawaban atas kenyataan ini.
Keberadaan seorang pemimpin yang tangguh dan solutif sesungguhnya tidak saja sangat diperlukan untuk menyelesaikan persoalan di dalam negeri, namun juga untuk menghadapi ancaman dari luar. Hal ini menjadi penting karena kedua faktor tersebut memiliki potensi yang mengusik persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang mampu mengatasi masalah pelik ini dengan tidak mengedepankan egonya. Pepatah bijak mengatakan, pemimpin mencapai suksesnya melalui pelayanan kepada orang lain, bukan dengan mengorbankan orang lain.
Untuk mendapatkan pemimpin yang tangguh dan bijak, maka sosok pemimpin di masa mendatang mesti memiliki lima karakteristik. Karakter pertama pemimpin yang beriman. Mengapa? Pemimpin dengan karakter ini memiliki kecenderungan untuk berpikir dan bertindak benar, sebagai wujud keimanannya. Ia akan jujur dan amanah. Nabi Muhammad Saw tampaknya adalah contoh pemimpin yang mewakili karakter pemimpin yang beriman. Karakter kedua adalah cerdas. Kecerdasan jelas sangat diperlukan sebuah negara seperti indonesia yang sangat heterogen dari berbagai elemen seperti sosial, budaya, pandangan politik, serta sejumlah kemajemukan lainnya. Sehingga tepat jika sebagai seorang pemimpin dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dan berwawasan luas. Ketiga berani. Pemimpin harus memiliki keberanian besar untuk berpihak kepada kepentingan rakyat  dan menghadapi ancaman yang mengganggu kedaulatan. Keempat rasa kemanusiaan. Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang dapat memberikan rasa nyaman kepada rakyatnya. Memimpin dengan cara menindas tentu tidak semestinya dilakukan. Penindasan yang berlindung di balik kepemimpinan menjadi wujud kekerasan dan ini, sangat tidak layak dilakukan seorang pemimpin. Sehingga  menjadi sebuah hak bahkan kewajiban memilih pemimpin yang benar-benar memahami rakyat. Kelima disiplin. Pemimpin yang disiplin akan memberikan contoh yang baik agar rakyatnya tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang telah diberlakukan. Kiranya tepat ungkapan, raja alim raja disembah, raja zalim raja disanggah.
Semua orang pasti memiliki pendapat yang berbeda terhadap sosok pemimpin idaman mereka. Namun yang terpenting ialah semuanya menginginkan calon pemimpin berkepribadian baik untuk memimpin Indonesia kelak. Ketersediaan lapangan pekerjan dan kehidupan layak dan sejahtera merupakan keinginan dan dambaan rakyat Indonesia. Semoga dengan pergantian pemimpin tahun ini, akan membawa angin segar bagi perubahan indonesia yang lebih baik dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang disegani.

0 komentar:

Posting Komentar